- Ø Peta harus konform (sebangun)
- Ø Loxondorm dapat digambarkan sebagai garis lurus
- Ø Perbedaan skala sangat kecil
- Ø Derajat atau janjan, tegak lurus satu sama lain
- Nomor peta = sudut kiri atas dan sudut kiri bawah diluar garis peta
- Judul peta = di tempatkan ditempat yang tidak mengganggu alur pelayaran
- Skala peta = dibawah Judul peta/dibawah satuan kedalaman laut
- Satuan kedalam peta = sudut kiri atas dan kiri bawah diluar garis peta, biasa dalam metre, fathom, feet.
- Koreksi peta = kiri bawah peta
- Penerbit peta = tengah tengah bagian bawah dari peta, tepat diluar garis peta
- Edisi peta = disamping sebelah kanan dari penerbit peta, diluar garis peta
- Mawar pedoman/variasi = ditempat yang dilalui kapal, gunanya untuk membantu mengetahui haluan kapal, arah kapal, baringan dan variasi.
- Region bouyge system = dibawah judul peta, tepat dibawah skala peta.
- Litang/bujur = kiri dan kanan secara vertikal, atas dan bawah secara horizontal.
- Bentuk garis pantai (countour)
- Kedalamam peta
- Muka surutan
- Suar, bouy, liading line (suar penuntuh) berikut data datanya
- Jenis dasar laut, pantai
- Alur pelayaran, tempat berlabuh, pintu pelabuhan
- Daratan
- Informasi peta (No.peta, judul peta, skla peta, koreksi peta, proyeksi peta, peneliti peta, caution/peringatan, edisi peta, satuan kedalaman laut)
- Bahaya navigasi (Kerangka kapal, karang, gosong, ranjau, kabel bawah laut, pipa bawah laut)
- Ø Ketinggian suar diatas permukaan laut
- Ø Ketinggian pengamat diatas kapal
- Ø Cuaca di sekitar
- Ø Daya lampu suar
- Ø Memiliki pondasi
- Ø Biasanya didaratan (umumnya)
- Ø Jarak tampak lebih jauh
- Ø Lampu suar umumnya putih
- Ø Tidak memiliki nomor
- Ø Tidak di alur pelayaran
- Ø Bisa digunakan untuk leading line(garis penuntun)
- Ø Memiliki nama
- Ø Tanda dipeta warna ungu
- Ø Permanent/ tidak bergerak-gerak
- Ø Terapung/ pakai jangkar
- Ø Dilaut(air)
- Ø Jarak tampak lebih dekat
- Ø Lampu bouy : merah, putih, hijau, kuning
- Ø Memiliki nomor
- Ø kebanyakan di alur pelayaran
- Ø Tidak memiliki nama
- Ø Tanda dipeta warna ungu
- Ø Tidak permanent/ bergerak-gerak
- Ø Untuk pertanggung jawaban kapal terhadap pihak ketiga
- Ø Sebagai bukti otentik setiap tindakan dan setiap kejadian atas kapal untuk hakim
- Ø Mempermudah segi kontrol dari pihak pihak yang bersangkutan dengan kapal, apakah semua aturan mengenai keselamatan telah dilaksanakan.
- Ø Perhitungkan kedalaman laut dengan draft kapal
- Ø Perhatikan alur pelayaran dari bahaya navigasi.
- Ø Pasang surut
- Ø Port authoroty (Aturan pelabuhan setempat)
- Ø Region
- Ø Dermaga
- Ø Sarana bantu untuk a longside
- Ø Memperdekat jarak (ekonomis)
- Ø Memperhitungkan keamanan
- Ø Cuaca dan kondisi laut
HS | Angin | Rimb | Var | Dev |
180° | Utara | 5° | 3° B | +7° |
180° | Barat | -10° | 4° T | -6° |
270° | Sltan | 6° | 9° B | -1° |
S = V + D = -10 + 5 = -5 HS = HP + S = 260 + (-5) = 255 HM = HP + D = 260 + 5 = 265 | BS = BP + S = 102 + (-5) = 97 BM = BP + D = 102 + 5 = 107 |